Kenali Jenis Bahan Pakaian Yang Beredar dipasaran

Menginginkan berbelanja baju dengan cara on-line? Baiknya ketahui dahulu type berbahan supaya anda tak salah beli. Segera saja simak beberapa jenis bahan baju di bawah ini.

Kenali Jenis Bahan Pakaian Yang Beredar dipasaran

1. Katun (Cotton) 


Katun terbuat dari 100 persen kapas serta mempunyai serat benang yang halus, umumnya dipakai sebagai bahan untuk bikin t-shirt serta sweater. Sifatnya yang relatif dingin serta halus bikin bahan ini pas untuk digunakan waktu situasi enjoy ataupun semi resmi. Kelebihan bahan katun yaitu tak gampang kusut, tak luntur, gampang disablon, tak berbulu, serta dapat menyerap keringat. Katun sendiri terdiri jadi 2 type, yakni combed serta carded. Katun combed mempunyai serat yang lebih halus serta dingin. Sedang katun carded mempunyai serat yang lebih kasar serta kaku.

Baca Juga : Penyebabnya Alergi Bahan Baju serta Langkah Mengatasinya

2. Spandex atau Lycra 


Spandex yaitu serat sintetis yang terbuat berbahan polyurethane-polyurea copolymer serta mempunyai karakter begitu elastis. Spandex banyak dipakai sebagai bahan untuk bikin baju yang membutuhkan elastisitas seperti baju senam, baju renang, celana spesial untuk bersepeda, serta beragam type baju berolahraga yang lain. Diluar itu, spandex juga dipakai sebagai bahan untuk bikin baju keseharian lantaran nyaman dipakai, seperti kaos, legging, rok mini, skinny jeans, baju dalam serta sarung tangan. Baju memiliki bahan spandex bakal menempel ikuti lekuk badan serta nyaman untuk dipakai. Spandex yang baik yaitu yang mempunyai pori-pori hingga dapat menyerap keringat. Di market, spandex dikenal juga dengan nama lycra.

3. Chiffon 


Chiffon yaitu type kain yang begitu enteng, halus, lembut serta umumnya terbuat dari sutera, katun, atau serat sintetis. Oleh lantaran sifatnya yang halus serta membuahkan dampak mengembang, chiffon banyak dipakai sebagai bahan untuk bikin blouse, gaun, rok, serta syal. Kekurangannya, bahan ini umumnya tembus pandang. Tetapi jika digabungkan dengan bahan yang lain, jadi baju yang memakai bahan ini bakal tampak begitu menawan.

4. Polyester 


Polyester mempunyai kemiripan dengan katun, tetapi mutunya lebih rendah. Bahan ini umumnya lebih kaku serta keras dan tak senyaman katun.


5. Baby Terry 


Bahan ini serupa dengan kaos, tetapi tambah lebih tidak tipis serta biasanya sedikit berbulu seperti selimut. Dibuat dari kombinasi pada katun serta polyester. Umumnya bahan ini dipakai untuk bikin sweater, jumper, serta blazer wanita.

6. Denim 


Denim biasanya dipakai untuk bikin celana jeans. Dibagi dalam sebagian kelompok yakni soft, hard, dan sebagainya.

7. Katun Rayon 


Adalah bahan kombinasi pada katun serta rayon viscosa yang memiliki bahan basic kayu. Biasanya dipakai untuk bikin baju. Bahan ini gampang kusut serta lebih kaku dari pada katun, tetapi lebih enteng dari spandex.


8. Katun Twistcone 


Sifatnya nyaris sama juga dengan chiffon, tetapi lebih berat serta lebih tidak tipis, dan tak tembus pandang.

9. Paragon 


Paragon sifatnya halus seperti kapas, serta umumnya dipakai sebagai bahan untuk pembuatan pakaian basket.

10. Higet 


Bahan ini sesungguhnya termasuk juga dalam kelompok spandex. Sifatnya jua elastis, tetapi lebih berat dari spandex umum. Susunan luarnya mengkilap serta tak gampang menyerap keringat seperti spandex umum. Umumnya bahan ini dipakai untuk bikin jersey atau pakaian bola.

11. Drill 


Drill adalah komposisi berbahan katun serta polyester. Tambah nyaman digunakan lantaran kandungan katunnya semakin banyak dari pada polyester. Harga nya juga lebih mahal bergantung pada seberapa banyak kandungan katun itu. Bahan ini mempunyai permukaan yang memiliki serat garis-garis miring serta terdiri jadi 3 type yakni twill drill (serat kecil), american drill (serat tengah), serta japan drill (serat besar).

12. Brokat 


Brokat yaitu type kain yang diembos serta kaya dekorasi dengan pola yang rumit seperti bunga, tanaman, dan sebagainya. Brokat tidak sama dengan renda serta bordir. Umumnya dipakai sebagai bahan untuk bikin kebaya lantaran kesannya yang glamor. Terbagi dalam 3 type yakni brokat Prancis, brokat semi Prancis, serta brokat lokal.

13. Georgette 


Sifatnya lebih kenyal serta memiliki tekstur dibanding chiffon, membuatnya terlihat seperti bergerak sendiri. Lantaran sifatnya itu, Georgette sedikit lebih susah dijahit. Umumnya dipakai untuk bahan susunan atas gaun.

14. Cashmere 


Bahan ini termasuk elegan serta mutunya begitu bagus. Harga nya pasti lebih mahal. Makin kerap dicuci, bahan ini bakal makin halus. Tetapi mencucinya mesti lewat cara spesial, yakni memakai shampoo. Bila digabungkan dengan rok yang menawan serta jeans, baju dengan bahan cashmere bakal tampak begitu menawan.

15. Lacoste 


Umumnya dipakai untuk bikin kaos polo/kerah. Ciri-ciriistiknya berpori-pori besar hingga lebih pas dipadukan dengan bordir, bukanlah sablon. Ada 2 type kain lacoste yakni lacoste PE serta lacoste cotton (pique). Lacoste cotton lebih dingin, lembut, serta menyerap keringat dibanding lacoste PE.

16. Light Weight Wools 


Type wol ini termasuk enteng serta dapat digabungkan dengan apa sajakah. Sifatnya juga tahan lama serta cocok di tubuh.

17. Linen 


Bahan ini sifatnya berkerut. Terbuat dari serat tumbuhan rami. Kerap dipakai untuk bikin baju keseharian serta taplak meja.

18. D’Tree 


Adalah kain berpori-pori serta dapat menyerap keringat. Umumnya dipakai sebagai bahan untuk bikin pakaian basket.

19. Akrilik 


Bahan ini umumnya dipakai untuk bikin baju. Kerapkali dipadukan dengan rompi memiliki bahan light weight wools. Pada umumnya sifatnya serupa dengan wol, lembut, serta dapat menahan panas badan tetapi tak bikin gatal di kulit. Type ini nyaman digunakan serta lebih cepat kering, tetapi begitu sensitif pada panas hingga sistem penyetrikaan mesti dikerjakan dengan setrika hangat.

20. Wedges (Selena) 


Adalah type kain yang umumnya dipakai untuk bikin blazer serta pakaian kantoran. Sifatnya agak tidak tipis serta kaku.

21. Leather serta Suede 


Keduanya keduanya sama terbuat dari kulit, cuma saja leather di buat dari sisi kulit luar sesaat suede di buat dari sisi kulit dalam. Umumnya dipakai untuk bikin celana, tas, s/d sepatu. Untuk bersihkan bahan ini, dibutuhkan tehnik perawatan spesial.


22. Nylon 


Adalah serat sintetis yang mempunyai ketahanan begitu baik pada jamur, bakteri serta serangga. Kekurangannya yaitu daya serap yang rendah, tak tahan panas tinggi hingga mesti waspada waktu menyetrikanya.

23. Knit 


Knit di buat dari rajutan benang. Bahan ini sifatnya elastis serta membuat badan. Ada yang terbuat dari benang halus sampai benang yang tidaklah terlalu halus.

24. Satin 


Di kenal sebagai kain yang permukaannya mengkilap. Terbuat berbahan sutera serta umumnya dipakai untuk bikin gaun pesta, gaun pengantin, lingerie, jaket bisbol, celana atlet, celana boxer, baju, dasi, tas (terutama yang berupa clutch), serta sepatu.

25. Tenun (Woven) 


Terbuat dari hasil tenunan. Tidak sama dengan knit, bahan ini sifatnya tak elastis.
YOUR ADS HERE !!!
PREVIOUS
Posting Lebih Baru
NEXT
This is the last post.

Blog Kumpulan Bahan Pakaian :

Blog Ini menghimpun kumpulan artikel dari berbagai blog, tentang / mengenai bahan pakaian, bahan baju, bahan jaket, Gamis dll.